Sunday, May 27, 2007

Tiga kata

Sewaktu mulai bekerja di sini, terus terang saya sedikit khawatir harus berbasa-basi di pagi hari dengan rekan2 kerja. Maklum, saya benar2 tidak mengerti bahasa setempat (ok, saya seharusnya belajar bhs setempat, tapi ada keterbatasan yang menyebabkan saya memutuskan untuk tidak mengambil kelas bhs).

Ternyata saya sangat beruntung karena saya dapat menggunakan Bahasa Inggris di tempat kerja saya. Sehingga, di pagi hari yang perlu saya lakukan adalah mengucapkan "Pagi" ke setiap ruangan yang pintunya terbuka. Syukur2 ga ada pintu yang terbuka, jadinya ga perlu bicara hehehe....

Di kantor yang lain (saya memang bekerja di dua tempat yang berbeda tapi di bawah satu institusi), kebetulan ruangan saya terletak di sayap yang jauh dari pusat "kekuasaan" dan berada di atas aula yang luas. Kebanyakan pintu ruangan selalu tertutup karena dingin ataupun angin. Alhasil, saya tidak perlu mengucapkan salam sama sekali. Datang, langsung masuk ke ruangan dan tidak keluar lagi hingga waktu pulang. Ga perlu ngobrol dengan tetangga dan jarang ketemu orang :)

Suatu saat, saya berkenalan dengan seorang mahasiswa dari salah satu negara di pantai Timur Afrika. Iseng2 saya tanyakan bagaimana pendapat dia mengenai kehidupan di negara ini. Menurutnya, sulit sekali menemukan orang yang tersenyum di sini. Selain itu, penduduk asli sulit diajak bicara, itu menurutnya. Karena di negaranya, orang akan saling menyapa bahkan di dalam bis sekalipun. Dia menggunakan teman seruangannya, sesama mahasiswa, sebagai contoh:

1. Pagi hari: "Pagi". Tanpa apa kelanjutan. Masing2 sibuk bekerja.
2. Siang hari: "Kantin?". Makan siang bareng.
3. Sore hari: "Daag".

Tiga kata yang terucap dalam sehari di dalam ruangan yang ditempati bersama 8 jam per hari. Hahahaha.......

Kondisi yang sangat berbeda saya. Seingat saya, jika saya sedang di kampus dan bekerja di ruangan saya, maka saya dan rekan seruangan tidak akan pernah dapat bekerja maksimal karena pasti salah satu atau keduanya tidak akan tahan untuk tidak ngobrol. Alhasil, kadang2 saat bos datang, beliau pasti akan menemukan kami sedang ngobrol. Dan biasanya akan berakhir dengan bos menekan rekan seruangan saya, karena dia yang memang sehari2 ada di sana. Sedangkan saya, sehari2 ada kantor yang lain hehehe......


long wiken berawan

0 Comments:

Post a Comment

<< Home