Thursday, May 03, 2007

Buku bergambar donat

Tulisan ini tidak diniatkan sebagai resensi buku atau sejenisnya. Hanya berbagi pengalaman mengenai sebuah buku yang disarankan oleh kawan baik saya.

Waktu kawan saya itu menyarankan untuk membaca buku bergambar donat dengan judul "This book will safe your life" karangan A.M. Homes, saya sebenarnya kurang begitu yakin. Pertama, karena covernya yang berkesan main2. Jujur saja, saya takut rugi beli buku mahal2 kalau isinya tidak terlalu bagus. Ibaratnya beli pop corn (yang cukup mahal untuk kocek saya) dan ternyata rasanya anyep. Alasan kedua, kebetulan saya sedang membaca buku yang saya pinjam dari atasan cilik dan belum selesai juga saya baca.

Namun, berhubung buku pinjaman dari atasan cilik saya rasa terlalu 'maskulin' (hanya ini kata terdekat yang bisa menggambarkan kesan saya mengenai buku tersebut), akhirnya iseng2 saya baca juga buku bergambar donat itu. Buku ini cukup menarik untuk dibaca ataupun sebagai teman perjalanan, walaupun terlalu banyak faktor kebetulan yang hadir dalam plot cerita.

Cerita diawali dengan serangan jantung yang dialami oleh duda kaya yang tinggal seorang diri di Los Angeles. Serangan jantung yang dialaminya membawanya berinteraksi dengan banyak orang yang tidak pernah diperhatikannya dan dijumpainya sebelumnya. Kejadian itu juga membuatnya melakukan banyak hal yang impulsif yang tidak pernah dilakukannya sebelumnya. Tapi hal terakhir itulah yang akhirnya membantunya memperbaiki hubungan dengan sang anak.

Bagi saya pribadi, cerita ini bisa dibilang menggambarkan keadaan sehari2 dimana seseorang akan terasing jika dia tidak berani memulai interaksi terlebih dahulu. Keterasingan ini semakin terasa di jaman sekarang yang serba terkotak2 dan penuh dengan rasa segan. Pada saat kita nyaris kehilangan sesuatu yang kita anggap pentinglah, dalam hal ini kesehatan sang tokoh utama, segala penghalang untuk melangkah masuk ke dalam masyarakat terasa sangat tidak berarti. Karena, pada akhirnya, manusia tetap butuh kawan dalam hidupnya.



IMHO

0 Comments:

Post a Comment

<< Home