Tuesday, July 11, 2006

PRK (belated)

Setiap bulan Juni, untuk merayakan Ulang Tahun Jakarta, biasanya kota Jakarta merayakan Pekan Raya Jakarta atau PRJ yang akan selalu dipadati oleh pengunjung baik dari dalam maupun luar Jakarta. Lokasi PRJ biasanya dikonsentrasikan di satu tempat saja dengan berbagai pertimbangan, dan biasanya di sekitar pusat kota. Dalam acara ini, stand2 peserta kebanyakan menjual makanan dan pakaian.

Lain Jakarta, lain Kiel. Kiel juga punya cara tahunan seperti PRJ yang dikenal dengan Kieler Woche atau Pekan Raya Kiel (PRK, terjemahan suka2). Acara ini diadakan pada bulan Juni, dan mengambil tempat di sepanjang pantai sekitar pusat kota. Selama acara ini, kita dapat melihat live music di beberapa panggung yang kebanyakan disponsori oleh stasiun radio setempat. Di daerah dekat Rathaus atau Walikotamadya, berdiri stand2 yang mewakili berbagai negara, mulai dari Swedia hingga Thailand (Indonesia tidak ada). Umumnya masing2 stand menjual makanan khas negara2 tersebut, minuman (kebanyakan minuman beralkohol), dan kerajinan tradisional. Stand yang paling banyak dikunjungi di daerah ini adalah stand Irlandia (Irish Pub) karena selalu ada live music.

Stand yang banyak dijumpai di pantai timur adalah stand fast-food dan minuman beralkohol; permainan; dan house music. Variasi stand terbanyak dijumpai di pantai barat: makanan, es krim, minuman, permainan, musik, motor (Ducati), dan sebagainya. Last but not least adalah stand BMW yang memamerkan mobil2 balap dan mobil2 terbarunya serta permainan F1.

Daya tarik utama Kieler Woche sebenarnya bukan stand2 tersebut, tetapi kapal2 layar yang datang ke Kiel untuk ikut serta dalam parade kapal layar di hari penutupan. Parade kapal2 layar mewah tersebutlah yang paling ditunggu oleh masyarakat yang datang dari dalam dan luar Kiel. Selain kapal layar, beberapa kapal perang juga ikut serta melakukan open house selama PRK (kecuali kapal AS. jadi buat apa dia datang ke Kiel ya?).

Tahun ini Kieler Woche sangat menyenangkan penduduk setempat karena cuaca benar2 cerah. Tapi jujur saja, saya tidak terlalu tahu karena saya cuma datang 2 kali ke PRK dan lupa sama sekali kapan parade kapal layar diadakan. So, wait for next year's story about PRK.

2 Comments:

At 7/11/2006 2:40 PM, Anonymous Anonymous said...

ah di Kiel yah?

 
At 7/11/2006 8:43 PM, Blogger marpuah said...

iya miss g. kamu dmn?

 

Post a Comment

<< Home