Wednesday, June 15, 2005

Hidup adalah Pilihan

"Hidup adalah pilihan"

itu adalah kata-kata yang menjadi pegangan saya dalam menjalani hidup ini, terutama pada saat saya dihadapkan pada pilihan-pilihan yang sulit yang menentukan perjalanan hidup saya selanjutnya.

Kadang sewaktu saya menapaki jalan kehidupan di bawah naungan hijau daun dan biru langit, saya diharuskan untuk memilih yang terbaik dari yang terburuk, atau "the lesser of two evils". Bahkan, kadang hal yang saya inginkan malah tidak terdapat dalam pilihan-pilihan yang terpapar di hadapan saya. Jadi bisa dikatakan bahwa meskipun hidup adalah pilihan, hidup bukanlah soal "multiple choice" dimana salah satu pilihan itu merupakan jawab yang benar.

Karenanya, jika saya sudah menentukan pilihan dan merasa menyesal di kemudian hari, saya kembali kepada kata-kata itu: Hidup adalah Pilihan. Oleh karena itu saya harus berani menanggung dan mempertanggungjawabkan akibat dari pilihan saya itu.

Selama mengarungin hidup ini, tidak terhitung banyaknya penyesalan yang saya rasakan. Jika penyesalan itu sudah sangat menyesakkan dada, maka saya selalu mengingat kata-kata saya sendiri: Hidup adalah Pilihan, dan berharap semoga di masa yang akan datang saya bisa memilih dengan lebih bijak.

3 Comments:

At 6/16/2005 6:12 PM, Blogger miraykemuning said...

baru salah milih apa neng? Setiap pilihan pasti ada konsekuensinya dan kita emang harus siap bayar harganya. Tapi lebih baik menentukan pilihan walaupun hasilnya mengejutkan daripada tidak pernah berani mengambil pilihan.

Saya baru aja milih buku yang salah....ternyata gak rame..hik.

 
At 6/17/2005 9:38 AM, Blogger marpuah said...

aku nggak tahu bisa dibilang salah pilih atau nggak. cuma jadi nggak yakin aja sama diri sendiri. jangan2 dasar pilihan saya adalah egoisme saya aja, bukan pertimbangan lainnya. sehingga dasar2 pilihan itu sebenarnya hanya pembenaran aja. kok jadi curhat ya :(

kalo bukunya nggak rame, kirim aja ke sini. saya terima dengan senang kok :D

 
At 6/21/2005 9:11 AM, Blogger Unknown said...

yup..life is a matter of choices, itu juga jadi peganganku, yg bikin aku nggak perlu menyesali apa yg telah aku pilih.

mungkin ada masa kita ngerasa bahwa bhw kita telah salah memilih, tapi sebenarnya itu memang path yg harus kita lewati, yang akan membentuk kita menjadi yg sebaik2nya diri.God works in mysterius way.

apakabar neng? kangen nih dah lama nggak ngobrol ya..

 

Post a Comment

<< Home